Selasa, 07 Mei 2013

Istilah BayiTabung


Istilah ”BayiTabung” saat ini sudah sangat populer di masyarakat
Tapi Tahukah kamu apa itu BayiTabung?
Apakah teman-teman mengira BayiTabung adalah bayi yang dipelihara dan besarkan di dalam tabung? Atau bayi yang dilahirkan dari tabung?
Jika teman-teman belum tahu, mari simak ulasan pendek mengenai bayitabung berikut ini ;

Saat ini program bayitabung menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Hal ini terjadi karena keinginan pasangan suami-istri yang tidak bisa memiliki keturunan secara alamiah untuk memiliki anak tanpa melakukan adopsi. Atau juga menolong pasangan suami – istri yang memiliki penyakit atau kelainan yang menyebabkan kemungkinan untuk tidak memperoleh keturunan.

Metode bayitabung diterapkan pertama kalinya pada tanggal 26 Juli 1978 lewat kelahiran seorang bayi asal Inggris bernama louise Brown, di RS Distrik Oldham, Manchester. Proses metode bayitabung dilakukan oleh DR. Patrick Steptoe ini dilakukan tujuh bulan sebelum Louise lahir, tepatnya bulan November 1977, dengan cara memasukan embrio ke rahim Lesley Brown.

Sejak saat itu, teknologi reproduksi yang dikenal dengan istilah In Vitro Fertilization (IVF) ini menjadi awal perkembangan teknologi kedokteran yang berkaitan dengan pembuahan buatan. Di Indonesia, IVF pertama kali diterapkan di RS Anak – Ibu (RSAB) Harapan Kita, Jakarta pada 1987.

Teknik yang kini disebut IVF konvensional itu berhasil melahirkan bayitabung pertama, Nugroho Karyanto, pada 2 Mei 1988.

BayiTabung Pertama (di dunia)
Bayitabung pertama di dunia bernama “Louise Brown” . Setelah melakukan penelitian yang cukup panjang akhirnya bayitabung pertama di dunia lahir pada tanggal 25 Juli 1978 di Rumah Sakit Briston, di London Inggris. Patrick C. Steptoe dan Robert Edwards adalah ahli kandungan dan peneliti medis yang berperan dalam bayitabung pertama di dunia, Louise.
Bayitabung pertama Louise, hidup dengan normal seperti layaknya orang-orang pada umumnya. Kini Louise hidup di Inggris dan aktif bekerja di sebuah pusat perawatan bayi. Keberhasilan Bayi tabung Lousie ini memicu harapan untuk kelahiran bayi-bayi tabung berikutnya.

BayiTabung Pertama (di Indonesia)
BayiTabung pertama di Indonesia bernama “Nugroho Karyanto”. Bayitabung pertama di Indonesia ini lahir pada tanggal 2 Mei 1988 di Rumah Sakit Anak dan Bersalin (RSAB) Harapan Kita,  Jakarta. Sampai Saat ini RSAB Harapan kita telah memproses lebih dari 300 bayitabung.
Biaya program bayitabung pada akhir 1980-an menghabiskan sekitar 5 juta rupiah. Namun saat ini program bayitabung ini sudah jauh lebih mahal, sekitar puluhan juta rupiah. Hal ini dikarenakan tingginya orang yang  ingin menggunakan program bayitabung saat sulit memiliki keturunan.

            Jadi Proses Inseminasi Buatan / BayiTabung memiliki dampak positif dan negatif bagi manusia. Dan perkembangan BayiTabung dapat memberikan solusi dalam membantu pasangan-pasangan yang memiliki kesulitan untuk memiliki keturunan. Tapi perlu memperhatikan masalah pandangan hukum dan agama dalam proses bayitabung atau Inseminasi Buatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar